Langsung ke konten utama

Cara sederhana membersihkan karburator


Hai broo, kali ini saya akan ngeshare tentang cara membersihkan karburator kali ini saya akan pake motor supra x 110, motor ini sering saya pake setiap hari  dan kemanapun saja. Belum banyak sih yang saya tau tentang karbu, cuman bisa bongkar sama bersihin aja hehehe.

    Karburator adalah suatu komponen motor terpenting dalam proses pembakaran. Bagi para mekanik mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah karburator, dalam perkembangannya sendiri sekarang ini motor motor yang diproduksi sudah jarang menggunakan karburator sekarang zaman sudah maju dan teknologi semakin canggih. Kebanyakan dizaman sekarang ini motor motor sudah menggunakan teknologi EFI (singkatan dari electrik fuel injection) atau bahan bakar terkomputerisasi. Karburator yang mengalami gangguan misalnya saja kemasukan air atau terlalu kotor maka biasanya motor tidak mau dihidupkan atau mesin motor tersendat sendat.

   Oleh karena itu bagi anda yang masih menggunakan motor karbu maka perlu adanya perawatan agar tenaga motor tetep prima. Untuk perawatan karburator sebenarnya cukup mudah, anda cukup melakukan pembersihan aja secara berkala yang nantinya akan membuat motor tetep bertenaga.

    Sebenarnya untuk membersihkan karburator dengan cara manual tentunya akan dijelaskan dibawah ini

1. Anda bisa lepaskan body dan filternya
Yang pertama tentunya anda harus mengeluarkan motor dari parkiran, carilah tempat yang rata dan anda bisa menggunakan standar tengah. Setelaj itu baru buka body sama filternya.
2. Copot selang bensin 
Copot selang bensin lalu colok menggunakan obeng, hal ini harus dilakukan dengan cepat agar bensin yang keluar dari selang hanya sedikit.

3. Lepaskan karbu dari dudukannya
Setelah itu anda bisa melepaskan karbu dari dudukanya. Buka kabel gas lalu buka terlebih dahulu lalu buka baud menggunakan kunci pas ukuran 8.


4. Buka mangkuk karbunya lalu bersihkan
Setelah anda buka karburator dari dudukanya selanjutnya anda buka mangkuk karbu lalu bisa dibersihkan menggunakan kuas dengan dibilas bensin. Tujuan penggunaan bensin sebagai pembilas agar lebih bersih.

 Buka mangkuk karbu menggunakan obeng kembang
 

    Lalu bersihkan sampai bersih

   Lalu bersihkan
                                       Setelah itu anda pergi kebagian yang lain, coba anda lepaskan bagian pilot jet setelah itu anda bersihkan dengan cara meniup lubang sekuat kuatnya  atau dengan kompresor jika anda mempunyai alat tersebut.

5. Finish, anda rakit kembali dan pasangkan ketempat asalnya
Jika hal hal diatas sudah anda lakukan semuanya dan dirasa sudah bersih dari kotoran kotoran yang menyumbat karburator tersebut, setelah itu anda bisa merakit kembali yang sudah anda bongkar tadi .



   Nah kalau sudah begini anda tinggal pasangkan body sama filternya
    Jangan lupa menyetel stelan campuran bahan bakar kembali.


    Nah, sangat mudahkan, maka dari itu jangan menyerah sebelum mencoba, semoga bermanfaat broo:)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

cara merawat busi vespa

Merawat Busi Vespa identik dengan Busi. Hal ini disebabkan Vespa adalah kendaraan roda dua yang paling sering ganti busi. Tapi apakah Vespa kita bisa dibikin tidak gonta ganti Busi ? Jawabannya bisa. Busi yang berumur panjang (tdk gonta-ganti) tidak sulit. syaratnya adalah perawatan yang telaten dari pemakai kendaraan. Dalam bahasa montir bengkel “TIDAK ADA BUSI MATI”. Apakah benar kata-kata itu ? Dibawah ini pengalaman penelitian kecil telah membuktikan, bahwa busi motor vespa tdk perlu gonta ganti, alias berumur panjang. Busi terdiri atas dua titik dari arus positif (+) dan arus negatif (-). Kedua titik tersebut jika dihubungkan dengan pengaturan dari platina / CDI akan menghasilkan / memercikan api. Api inilah yang akan membakar Bensin yang telah dikabutkan oleh karburator. diantara kedua titik tersebut (ditengah) akan dilapisi oleh isolator. Busi suka dikatakan MATI dan harus diganti jika lapisan isolator tersebut ditutupi oleh kerak/jelaga hasil pembakaran di ruang Blok mesin.

Cara cara membersihkan karat dan kerak dari blok motor

 Pada kali ini saya akan membahas artikel tentang cara membersihkan mesin motor dari kerak dan karat. Karena memiliki kendaraan motor agar selalu terlihatan bersih, kinclong dan mengkilap selau diinginkan oleh setiap orang.  Membersihkan mesin bisa dengan beberapa cara. Nah, sebelum membersihkan mesin kita harus mengetahui jenis kotoran apa yang menghinggapi di mesin motor kita.  Mengapa ini penting? Karena dengan mengetahui kotoran yang menempel kita harus tau bahan dan alatnya apa saja yang dibutuhkan untuk menghilangkan kotoran tersebut biar kinclong seperti baru. Jenis kotoran yang sering ditemui pada mesin motor adalah karat dan kerak, ini terjadi karena posisi mesin berada di luar yang langsung berintraksi dengan udara bebas membuat kotoran dari luar bisa langsung menempel pada mesin, apalagi ada rembesan oli dipermukaan mesin maka kotoran akan mudah menempel. Ok daripada nunggu lama ini dia caranya. 1. Gunakan air detergent/cairan pembersih piring Untuk langkah