Langsung ke konten utama

Cara cara membersihkan karat dan kerak dari blok motor



 Pada kali ini saya akan membahas artikel tentang cara membersihkan mesin motor dari kerak dan karat. Karena memiliki kendaraan motor agar selalu terlihatan bersih, kinclong dan mengkilap selau diinginkan oleh setiap orang.

 Membersihkan mesin bisa dengan beberapa cara. Nah, sebelum membersihkan mesin kita harus mengetahui jenis kotoran apa yang menghinggapi di mesin motor kita.

 Mengapa ini penting?

Karena dengan mengetahui kotoran yang menempel kita harus tau bahan dan alatnya apa saja yang dibutuhkan untuk menghilangkan kotoran tersebut biar kinclong seperti baru.
Jenis kotoran yang sering ditemui pada mesin motor adalah karat dan kerak, ini terjadi karena posisi mesin berada di luar yang langsung berintraksi dengan udara bebas membuat kotoran dari luar bisa langsung menempel pada mesin, apalagi ada rembesan oli dipermukaan mesin maka kotoran akan mudah menempel.
Ok daripada nunggu lama ini dia caranya.

1. Gunakan air detergent/cairan pembersih piring
Untuk langkah awal, anda perlu membersihkan permukaan mesin dari debu dan kotoran lain.

Untuk langkah ini, anda cukup menyediakan air yang sudah dicampur dengan detergent/cairan pembersih piring . Lalu bersihkan mesin menggunakan kain lap yang sudah dibasahi dengan cairan tadi , sampai bersih.

2. Pakai bantuan bensin
Bensin bisa mengangkat kotoran khususnya kotoran oli disela sela mesin dengan cepat. Kita perlu menyiapkan bahan bakar tersebut di dalam bak penampung dan sebuah koas/sikat gigi bekas untuk media pembilas.


3. Gunakan cairan pembersih westafel
Cairan pembersih westafel ini mampu menghilangkan noda/kerak membandel dipermukaan closet. Ini juga bisa alih fungsikan pada mesin motor.

Caranya juga sama, siapkan cairan tadi pada wadah dan sikat kasar berupa sikat gigi/sikat kawat. Setelah semua tersedia, celupkan sikat didalam cairan pembersih, kemudian gosokan sikat ini ke permukaan mesin yang kotor. Gosokan sikat ini sampai kotoran terangkat.

4.gunakan larutan asam cuka 
Larutan asam cuka memang banyak dipakai untuk menghilangkan dari permukaan besi. Zat asam pada cuka akana meluruhkan karat sebagai hasil oksidasi besi dengan oksigen.

Caranya, sama seperti nomor 3 . Anda perlu membasahi area permukaan mesin yang berkarat cuka ini dan gosokan menggunakan sikat. Tapi, larutan asam cuka ini dapat merusak cat pada bagian body motor. Untuk itu saat anda melakukan hal ini pastikan tetesan asam cuka ini tidak mengenai pada bagian motor.

Demikian artikel mengenai cara membersihkan karat dan kerak dari blok mesin motor, jumpa lagi di artikel yang lain. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cara merawat busi vespa

Merawat Busi Vespa identik dengan Busi. Hal ini disebabkan Vespa adalah kendaraan roda dua yang paling sering ganti busi. Tapi apakah Vespa kita bisa dibikin tidak gonta ganti Busi ? Jawabannya bisa. Busi yang berumur panjang (tdk gonta-ganti) tidak sulit. syaratnya adalah perawatan yang telaten dari pemakai kendaraan. Dalam bahasa montir bengkel “TIDAK ADA BUSI MATI”. Apakah benar kata-kata itu ? Dibawah ini pengalaman penelitian kecil telah membuktikan, bahwa busi motor vespa tdk perlu gonta ganti, alias berumur panjang. Busi terdiri atas dua titik dari arus positif (+) dan arus negatif (-). Kedua titik tersebut jika dihubungkan dengan pengaturan dari platina / CDI akan menghasilkan / memercikan api. Api inilah yang akan membakar Bensin yang telah dikabutkan oleh karburator. diantara kedua titik tersebut (ditengah) akan dilapisi oleh isolator. Busi suka dikatakan MATI dan harus diganti jika lapisan isolator tersebut ditutupi oleh kerak/jelaga hasil pembakaran di ruang Blok mesin.

c70 racing

Nyobain C70 setengah touring setengah racing